19 September 2010

Nan Xiang @ The Sultan Hotel


Mumpung lagi diskon 50% (dengan KK Mandiri), yuk kita icip icip makanan di salah satu hotel bintang 5 Jakarta… J


 


Nan Xiang group, selain ada di Mal-mal, ada juga di hotel Sultan, dengan nama lain: The Rych concepts.  Bedanya: tempatnya yg jauh lebih cozy: space meja ke meja cukup luas, ngga ramai dan dilayani satu pelayan khusus. Coba bandingkan yang di Mal TA, misalnya: tempat duduk yg sempit, ruame (terutama pas diskon 50%), dan pelayanan yang tergesa gesa. Disini jauh lebih cozy, cocok banget untuk makan sekeluarga, apalagi yang bawa anak kecil kyk kita ini J


 


Ngomong2 soal kenyaman, tercermin di harga juga sih :P Gue ngga tau beda ngga price list di sini dengan yang di Mal, tapi yang jelas ada tambahan (service) charge hotel 21%.



Ayo liat menu kita siang itu J



Rekomendasi orang di mana mana, kalo ke NanXiang, musti pesan yang ini: Xiao Long Special. Ini memang special-nya NanXiang. Xiao Long Pao ukuran guide, satu porsi isinya satu biji. Xiao Long Pao ini adalah kulit pangsit yang membungkus kuah kaldu segar dan panas. Makan-nya musti hati hati, bisa bisa kuah kaldunya tumpah sebelum di makan. Makanya disini diberi sebuah sedotan untuk dihirup semua kuah kaldunya J


 


Makanan aseli negeri Tiongkok, tepatnya popular di Shanghai ini, di negeri asalnya merupakan makanan kecil/snack (xiao zhe). Biasanya dijual bersama dumpling yang lain (yg isi babi/udang/tahu dll). Nah si XiaoLong Pao ini bentuknya kecil, dan isi kuah kaldunya macam macam, bisa kaldi ayam, babi, kambing, dan udang.



Nah, yang di NanXiang ini modifikasi bentuknya besar dan isinya kaldu ayam dan udang. Rasanya? Ngga terlalu istimewa kok. XiaoLong Pao itu seyogyanya memang musti kecil, jadi sekali hap dengan kaldunya, nikmatnya ada di sana. Kalo gede lalu diberi sedotan segala, sensasinya jadi berkurang. Ohya, harganya sebiji 38K. Not so worthy.



Kalo ke NanXiang, belum afdol kalo ngga pesan yg ini: Udang Goreng Saos Telor Asin. Sampai saat ini belum nemu resto lain yang menyajikan masakan ini lebih baik dari NanXiang. Udangnya segar, telor asinnya pas dengan bulir bulirnya yg gurih. Mantab pokoknya J IDR 88K yang sangat worthed.


 


Yang ini juga ngga kalah enaknya: Ikan Kerapu Macan Tim Kecap. Sengaja pesan yang ngga pedas supaya bisa dimakan bersama Kelly. Satu ekor ikan ini harganya 390K. Nikmatnya luar biasa. Ludes sampai kepala kepalanya, juga kulit ikannya yang creamy dan dagingnya yang gurih. Penampakannya di foto boleh kurang menarik, tapi boleh dibilang ini one of the best ikan tim yang pernah gue makan.


 


Sebagai pelengkap, semangkok sop jagung kepiting (60K). Ini special untuk Kelly. Maklum anak seumur dia harus makan dengan kuah yang banyak agar mudah ditelan J Yang ini rasanya so-so lah, not so bad, tapi juga ngga berkesan banget.



Setelah puas bersantap, kita sempatkan keliling keliling hotel tersebut. Kelly tampak senang sekali. Main main piano di lobi segala.


 


 Hanya satu masalah kecil terjadi pas kita sampai di hotel ini. Pas parkir di basement, Kelly bersikukuh ngga mau naik lift (memang sejak umur 1 bulan dia ‘phobia’ dengan naik lift). Sambil mau mewek mewek dan memelas, dia berusaha meyakinkan Papanya: “Kita naik tangga ya Pa…”. Akhirnya nyari nyari tangga, ketemunya tangga darurat yang sempit, kotor, bau rokok dan rada spooky. Herannya si Kelly malah ngga terganggu, malah hepi banget karena ngga naik lift. Sampai di atas, Pak Satpam yang jaga pintu depan, rada kaget, ni kok ada orang bawa2 bayi muncul dari tangga darurat? :p

3 komentar:

Veny mengatakan...

Wahh udang telor asin paling nyam2 pny NanXiang .Kl Xiaolongbau emang Nanxiang pny gak enak menurut g loh ! biasa ajah harga mahal pula .
Yg tim ikan Kerapi itu doyanan temen g tuh , g sih ga doyan ikan liat dia mkn enak bgt !

Aris Munandar mengatakan...

xiao long bao masi paling enak di din tai fung seh menurut gw.

gila tu kerapu mahal benerrrrrrrrrrrr *tepok jidat* the rych juga ada di PP lho, tp ga tau rasanya sama ga kaya di Sultan

Aj_Natz mengatakan...

@ Veny: Oh gitu ya, Xiao Long Bao bukan special di Nan Xiang ya (setuju!) :)

@ Aris
Bole tu nyoba di Din Tai Fung...
Itu ikan kan disc. 50% hehehe jadi 195 sajah... (masih mahal ya?) :P