19 Maret 2008

MASAK ala Aj & Nat

Memasak adalah salah satu hobi gue. Setiap ada kesempatan, Sabtu atau Minggu, pasti kita isi dengan memasak, selain menyenangkan, juga jauh lebih murah daripada makan di luar, lebih puas, porsi lebih banyak, dan lebih terjamin hieginis.

Ini salah satu acara masak yang seru :_)

Sabtu pagi jam 8 berangkat ke Pasar Blok M Citra II, perumahan tetangga, perumahan kita sendiri ngga ada pasar-nya, kecuali Hypermart, tapi tentu lebih seru belanja di pasar tradisional macam ini.

Pertama tama yang kita datangi bagian ikan. Karena memang niatnya masak ikan. Jadinya beli ikan ekor kuning dan udang 1 kg. Ikan maupun udangnya bisa minta dibersihkan dulu sama yang jualnya.

Untuk sayur, kita beli bayam, kangkung, toge, bawang putih, bawang merah, cabe keriting dan tomat kecil untuk bumbu ikan.

Sampai di rumah, langsung dimasak :_) maklum, sudah lapar. Pertama tama, ikan ekor kuning digoreng dulu dengan api sangat kecil, supaya ikannya mateng sampai ke dalem dalemnya tanpa membuat gosong bagian luarnya. Sambil ikannya digoreng, siapkan bumbunya. Cabe keriting dan bawang merah diblender jadi satu sampai lumat. Tomat kecilnya dipotong jadi 2 bagian.

Setelah lumayan mateng, ikannya diangkat dulu, soalnya penggorengannya mau dipake buat numis bumbu. Setelah bumbunya mateng, masukkan kembali ikannya supaya bener bener mateng. Terakhir baru masukkan tomat. Jadi deh :_)

Menu ke-dua. Gampang. Tumis bawang putih sampai kuning, masukkan udang, udang menjadi merah, masukkan bayam, terakhir, kasih air. Jadi lagi :_)

Malemnya kangkung tumis saos tiram, lagi lagi dengan udang :_)

Minggu pagi, Nasi Goreng Udang. Siangnya, udang goreng tepung (kobe) dengan tumis toge.

Begitulah masak ala Aj Natz. Simpel, menyenangkan, dan ENAK.

Tidak ada komentar: