11 April 2009

Going to 5, Kelly dari bangun sampai terlelap

Tertawa

Bangun pagi adalah saat yang paling tepat untuk mengajaknya tersenyum/tertawa. Biasanya pada saat ini, tertawanya paling mengembang. Saat tepat lainnya untuk mengajak tertawa adalah sehabis minum susu. Kesimpulannya tidur nyenyak, perut kenyang baru mau tersenyum... ;;) Selain itu Kelly agak 'jual mahal' untuk tersenyum.. agak agak somse dia keliatannya. Makanya foto ketawa nya ngga banyak, karena agak sulit ngajak dia ketawa. Biasanya, bayi seumuran dia (3 bulan ke atas) bisa 'tertawa terngekek ngekek'. "gak papa, cewek memang harus agak jual mahal sedikit" pesan seorang tante... :p

Satu hal lagi... kalau udah kebanyakan diajak ketawa, malah jadi cegukan... pas ketawa kan banyak narik angin masuk mulut kayaknya (entahlah)...

Tukang nyembur, tukang melet dan tukang makan tangan

Kalau yang satu ini ngga usah dipancing pancing, ngga usah di 'agak-agak'in (bhs Palembang) dan ngga usah pake diajarin. Otomatis reflek dan alamiah. Kalo udah nyembur, seluruh muka bisa basah semua, bahkan yang gendong atau dekat dekat sering kena 'ludahnya'. Kalao udah nyembur, buih masih bersisa melekat di bawah bibir, pipi dan di mana mana.

Image

Video ‘tukang nyembur’ klik di sini

Kelly Lomba Nyembur dengan Mama di sini

Kalau melet memang kebiasaan bayi kali ya... Melet, jilat kiri, jilat kanan. Kadang kayak lagi ngeledekin orang, bahkan kayak doggy he he he :p

Image

Image

Yang paling getol adalah masukin jari-nya ke tangan. Kadang bisa sampai 2 tangan sekaligus. Diisep dan dijilat jilat. Kadang saking menikmatinya sampai tangan dan kepalanya bergoyang goyang blingsatan. Proses masukin mulutnya juga seru, dari jauh, mendaratkan 2 tangan (yang saling berpegangan) ke mulut, kalau belum dapet, bisa dilakukan berulang ulang sehingga jadi kayak orang pukul muka sendiri. Nah kalau udah dapet dan lagi asik di ‘makan’, giliran mau dilepas atau ditahan tangannya biar ngga masuk mulut lagi .. susah deh... bisa bisa dia marah dan jadi rewel.

Image

Video ‘tukang makan tangan’ klik di sini dan di sini

Time to 'Ngoceh'

Boleh dibilang, Kelly cepet dalam hal ini. Entah memang anak cewek lebih cepet dari cowok, dibanding James dan Vigo (ponakan), Kelly relatif lebih cepet mulai 'mengoceh'. Boleh dibilang dari umur 2 bulan + Kelly sudah mulai kebiasaan ini. Sekarang di umur 4 bulan + makin sering ngocehnya. Dan bisa lama kalau cocok teman 'ngobrol'-nya. Kata kata dasar seperti "aaaaa...." dan "{b}uuuuuu..." bahkan terkadang terdengar kayak "ba..." (cilukba) dan "papa [baba]..." Kadang dibarengi/diakhiri dengan semburan, misalnya "aaa...bbruuu..." Ah lucunya... Dengan mulainya 'ngoceh' yang lebih cepet, harapannya ngomong juga akan lebih cepat.. Semoga.. :-!

Image

What d'ya eat?

"Apa sih yang kalian makan?" atau mungkin "apa sih yang kalian lakukan dengan mulut, kok kayaknya enak banget". Muka bengong-nya seperti menyimpan 1001 pertanyaan macam diatas manakala ada yang makan di dekatnya. Pasti dia memperhatikan tak berkedip. Apa udah waktunya ya si Kelly dicobain makanan lunak? :-?

Image

Genggam, Garuk dan Nyubit

Tarohlah sesuatu dekat telapak tangannya, pasti akan digenggam kuat kuat. Sudah mulai pengen meraih barang barang di dekatnya walaupun koordinasi tangan masih belum sempurna, jadi sekenanya aja, seperti baju, kalung dan kacamata, kalau dalam ‘zona jangkauan’ pasti digenggamnya, paling ngga berusaha diraihnya. Apalagi kalau kita sengaja menaruh jari kita di telapak tangannya. Kalau dulu bisa ngga lepas lepas, kalau sekarang ini malah sudah bisa dia main mainkan = genggam lepas genggam lepas, atau ditarik ulur tarik ulur kayak orang lagi mompa. Digaruk garuk dan dicubit juga. Kadang tangan kita jadi merah merah, bekas ‘garukan’ dia.

Image

Interaksi terhadap Musik

Kalau diputerin musik, most likely akan ditanggapi. Lagu yang paling disukai Kelly itu lagu POP komersil, yang paling dia tanggapain. Tanggapannya dengan cara diam, lalu mencari sumber suara, kalau udah tau, dia diam saja anteng ngedengerin. Lagu yang jarang ditanggapi itu lagu klasik dan lagu anak anak. Kalau lagu relaxasi dan lagu tidur, sama sekali ngga digubris, walaupun dia ngantuk dan mau tidur, malah tambah rewel. Kita punya 1 MP3 hasil burn lagu klasik (yang sering diperdengarkan waktu di kandungan) campur dengan lagu lagu POP macam Keny Logins, Mariah Carey, Billy Joel dll.

Image

Lapar... Mau susu… Tapi ngga pake nangis

Kalau dulu bisa nangis sejadi jadinya kalau mau susu. Sekarang..? Ngga bakalan nangis, kita sendiri yang harus tau kapan waktunya ngasih susu. Dan kita ngga akan tau sampai dot itu nyentuh mulutnya, pada saat itulah baru kita tau dia mau apa ngga. When she doesn’t want it, she doesn’t want it. Ngga bisa dipaksa, harus tunggu (coba coba) sampai dia mau. Sekali minum juga berkurang banyak. Kalau dulu, pertanyaan “habis ngga susunya?” – sangat ngga relevan, karena bukannya ngga habis, Kelly malah seringnya minta lagi, even udah dikasin 120 ml. Sekarang beda banget, 90ml aja sering ngga habis, jadinya kita bikin 60ml, kalau kurang baru + 30ml. Anehnya, walaupun misalnya 90ml ngga habis, dikasih air putih dia tetep mau. Kesimpulannya, dia udah ‘tau rasa’, bisa bedain susu, air putih dan juga ASI.

Image

Mengomel

Mengomel bukan mengoceh. Ngomel, ngedumel, marah. Ini terjadi kalau misalnya telat dikasih susu, atau dikasih ASI dalam keadaan dia sangat lapar (ASI tidak sederas susu dari botol). Bisa ngomel sepanjang ngASI, sambil ngisep, sambil keluar suara suara ngedumel. Anak ini juga gede ambek keliatannya, marahnya lama. Kalau dia ngga senang sesuatu/seseorang, misalnya dikasih obat (vitamin) yang dia ngga suka. Bisa nangis diem nangis lagi. Bengong bengong, eh, bisa tiba tiba nangis lagi kalo dia inget lagi.

Jago tengkurep

Yang ini terbilang agak terlambat. Mustinya sejak umur 3 bulan udah bisa. Tapi, Kelly jarang ditelungkupin, tidur pun kita ngga telungkupin, paling banter tidur miring. Memang saran ‘para ahli masa kini’ anak jangan sering ditelungkupin (tanpa pengawasan – misalnya lagi tidur), untuk menghindari sondrom anak mati mendadak (karena tengkurep dan menutupi hidung sendiri). Tapi menjelang 5 bulan ini terbilang amat jago. Secara di luar kesadaran pun, dia bisa tiba tiba tengkurep sendiri, ibarat kata, meleng dikit, lho, udah ‘terbalik’. Bahkan lagi tidurpun tiba tiba bisa tengkurep sendiri, kadang malah bisa tidur lagi dalam keadaan tengkurep itu. Yang lucu, hanya bisa tengkurep dari sebelah kiri, kanan belum bisa. Kalau dulu tangannya sering terhimpit ketika tengkurep, sekarang udah bisa keluar sendiri.

Image

Video Kelly tengkurep lihat di sini

Enggan posisi tiduran / bersender

Selain tengkurep, posisi lain kegemaran Kelly adalah duduk. Nah ini yang repot, soalnya dia belum bisa/kuat untuk duduk. Misalnya kita tidurkan, dia pasti mau bangun kayak mau sit up. Jadilah gendongnya ditahan dengan tangan. Dengan posisi inipun, kalau mau dibikin nyender ke badan kita, Kelly ngga mau, pasti dia berontak. Kecuali dia ngantuk berat dan kepengen banget tidur.

Image

Cara menidurkan

Cara menidurkan yang paling efektif adalah digendong tegak, tapi kepalanya menyender dan digoyang goyang. Jarang mau digendong tidur (walaupun dia udah ngantuk berat). Biasanya kalau kepalanya disender ke bahu tapi masih berontak, senjata pamungkas harus dikeluarkan, yaitu Empeng. Kadang sangat sangat mengantuk banget, sampai sampai digendong, disenderkan ke bahu, langsung terlelap (kayak barusan ini, tadi siang).

Gelang kaki yang selalu berbunyi

Ini semacam alarm ketika Kelly tidur. Alarm buat kita agar tau dia bangun. Cring… cring… cring… gelang kaki berwarna putih (emas putih) dengan bola bola kerincingan dan gantungan gantungan orang orangan. Lucu deh. Tapi semisal Kelly ini cowok, pasti gue ngga setuju.

Image

Lapar ….. tapi ngga bangun

Sepertinya Kelly ini udah bisa membedakan malam dari siang. Kalau malam, tidurnya bisa sepanjang malam sampai pagi. Misalnya tengah malam lapar, dia ngga bangun, hanya tidurnya ngga tenang, ke kiri ke kanan, kadang mau mewek mau mewek tapi mata tetap terpejam. Paling efektif dikasih ASI, dan langsung tidur lagi sampai pagi :-bd

Bangun dulu… baru mengompol

Kalau udah terlelap, tidak akan mengompol. Ketika terbangun baru deh, serrr serrr serrr. Kadang terbangun sebentar, ngompol, eh trus tidur lagi.

Sleep like a baby

Bayi mana yang ngga? ;;)

Image


Tapi, bagi Kelly, itu hanya berlaku di saat saat awal dia tidur. Setelah beberapa saat, ketika timbul rasa lapar... waduh... langsung deh tidurnya blingsatan... Walaupun masih merem, bisa merengek rengek, kepala godek godek, miring kiri, miring kanan, sampai box tidurnya bergoyang goyang sendiri. Dan begitu kita tengokin, ternyata dia udah jauh dari posisi tidur awal, biasanya sih melorot ke bawah, dan berputar 90 derajat. Pada saat itulah kita tau dia butuh susu/ASI. Begitu nempel ASI sebentar,,, langsung terlelap lagi.

Itu kalau malam, lain lagi kalau siang. After 2 - 3 jam tidur dan merasa lapar, bangunlah dia, most of time tidak menangis, kadang posisi tau tau udah tengkurep. Bersyukur dia bisa bedain siang dan malam, padahal kita ngga ada 'treatment' khusus untuk ngajarin dia.

Baca juga 12 Kebiasaan Kelly kecil 2 bulan pertama

Tidak ada komentar: