23 Mei 2010

Kelly One and A Half !

Banyak sekali cerita dari si Kecil kita ini. Karena kesibukan Papanya, terakhir nulis kalo ngga salah Kelly 14 bulan… Sekarang tau tau dia sudah 1.5 J Dan buanyak buanyak sekali progress dari si Kelly. Mulai dari ngomongnya yg makin lancar, berjalan (bahkan berlari), menari, menirukan suara binatang sampai menyanyi dan berhitung ! Dan semua itu bisa dia lakukan bahkan sebelum umurnya genap 1.5 tahun ! AMAZING…

Cerita pertama, yang paling penting dulu: Kelly dibaptis !

Kelly dibaptis !

Gue dan Natz sama sama dibesarkan dalam lingkungan keluarga Katholik yang hangat dan sekolah di sekolah Katholik yang disiplin namun menyenangkan. Kita pun ingin anak (anak) kita merasakan kehangatan yang sama. Selain itu, juga demi menunaikan janji pernikahan kita untuk “mendidik anak2 secara Katholik”. Maka segeralah Kelly di-baptis secara Gereja Katholik, pada tanggal 14 Maret 2010.

Kata “segera” sebenarnya kurang tepat :P Baptisan bayi biasanya pada saat bayi berumur kurang setahun. Kelly sudah satu tahun 4 bulan. Apalagi dia sudah bisa takut digendong orang asing, menjadikan kita ngga bisa full mengikuti prosesi, terutama bayi calon baptis harus digendong sama orangtua baptisnya. Dan lagi, Kelly takut dengan orang yang tua, kebetulan hari itu pastor yang membaptis seorang bule, dengan rambut dan jenggot putih. Lengkaplah. Tangis dan teriakan histeris tak terhindarkan L

But in overall, yang penting Kelly sudah dibaptis J Jadi anak yang soleha secara Katholik ya nak…

Jago ngomong !

Papa? Mama? Lewat! Satu kata? Lewat! 2 kata? Bukan masalah! 3 kata bahkan lebih Kelly udah bisa ! That means dia udah bisa ngucapin kalimat kalimat sederhana. Contoh, dalam suatu jalan jalan pagi… “Kucing meong mana?” trus dijawab sendiri: “ngga ada, bobok…”

Atau yang paling sering dia ucapin waktu bangun di lazy Saturday/Sunday morning: “Papa bobok cini…” atau suka dibalik: “bobok cini Papa-nya…” ada “nya”-nya lho :D sambil nunjuk2 bantal sebelah nya dia.

Atau yang lebih lucu lagi:

Natz: “Koko Vigo panggil….”

Kelly: “kuku….”

Natz: “Kelly panggil…”

Kelly: “kuku juga…” dengan mimik muka iseng… Nat berharap jawabannya Mama hahahaha (Vigo adalah ponakan kita, yang manggil Nat kuku – panggilan aunty untuk saudara dari Papa)

Kalau liat semut di lantai suka takut sendiri, trus bilang: “cemut…pok..pok” kalau dibilang, “ayo Kelly pok semut” buru buru dijawab “papa aja…” dengan mimic muka memelas. Trus kalo di ambil semutnya (yg mati) trus tarok di tangannya, dia baru berani pok pok sendiri, trus dengan bangganya bilang “kena… semut mati…”

Yang paling lucu dan membuat gue amazed, adalah suatu pagi, gue terbangun karena si Kelly bermain main sendiri dengan gulingnya yang bergambar gambar. Katanya: “domba mana…? Ini deh…” sambil nunjuk gambar domba. Trus ada gambar gajah, dia lipat sehingga matanya gajah ketutup, trus dia buka tutup lipetannya sambil ber ciluk ba dengan tuh gajah. Amazing bagaimana dia bisa bermain main dengan imajinasinya sendiri.

Sayangnya, begitu jago ngomong, tapi kalau mau pipis suka ngga ngasih info sebelumnya. Udah atau lagi pipis baru bilang… ditambahin lagi “pipis… licin…” Udah gitu paling repot kalo jalan jalan, soalnya anak ini ngga pernah mau dipakein pampers.

Tapi pinternya, kalo ngomong dan pipis di toilet, dengan lucunya dia akan bilang “udah… cebok…”. Trus kalau kita bilang ssssss sssss waktu dia pipis, dia pasti nanya: “apa pedes…?” setelah dijelasin bahwa itu bukan pedes tapi pipis, dia jadi selalu bilang: “apa pedes..?” trus diralat sendiri “bukan pedes… pipis…”

Meniru (suara) binantang !

Dari umur 1 sih udah mulai jago niruin suara binatang. Not exactly suara binatang sih, pokoknya personalized si Kelly tentang binatang tertentu. Misalnya:

Gajah dengan “eeeeee….eeek” sambil mengangkat tangan (menirukan belalai gajah)

Kucing dengan “meong…” lalu “jalan-jalan” menggambarkan kucing yang terlihat di kompleks yang biasanya lagi jalan.

Anjing dengan “doggy waw waw waw” maksudnya anjing menggonggong… trus dilanjutkan dengan “kaget” karena Kelly sering kaget kalau di gonggongin anjing. Lha siapa yang ngga hehehe

Ayam dengan “ayam pecok pecok” maksudnya ayam petok petok

Bebek dengan “kwek kwek kwek…” kadang ditambahin “ap-ap-ap” sambil goyang-goyang pantat, menirukan bebek yang sering Kelly liat kalo diajak ke pasar.

Burung dengan “cuit cuit” sambil tangannya menirukan paruh burung

Kuda dengan “dug gudug gudug” sambil pantatnya goyang goyang meniru orang naik kuda.

Paling suka meniru Singa lagi jalan sambil mengaum. Sambil bilang “lion”. Ini dari hasil meniru koko Vigo-nya.

Menyanyi dan Menari !

Dulu, waktu temen ada yang bilang anaknya umur 8 bulan udah bisa bilang mau pipis, gue ngga percaya. Tapi pas Kelly 8 bulan, she’s actually bisa bilang mau pipis walaupun dengan tanda. Sekarang aja jadi malas dianya, entah kenapa.

Ada juga orant tua lain yang bilang kalo anaknya umur 1.5 udah bisa nyanyi, gue cuma merasa ini hanya orangtua yg melebih lebihkan kebolehan anaknya. Tapi pas Kelly bernyanyi, bergumam dan sambil bergoyang goyang… barulah gue percaya, bahwa hal itu bisa dilakukan anak 1.5 tahun ! Untuk Kelly, bahkan sebelum dia 1.5 !

Lagu yang paling sering dia nyanyikan adalah Nina Bobo, karena mudah, biasanya dia nyanyikan pagi pagi pas bangun tidur. She was like “Nina bobok… Nina bobok…” trus harus dibantuin sih, kalau tidak bobo.., disambungnya: “gigit nyamuk..”

Lagu lain adalah Cicak didinding… “Cicak dinding diam m’ayap… datang nyamuk hap, lu tangkap” begitu kira kira nyanyinya.

Dan ini yang lucu (klik video-nya) J Kelly singing iya iya-o…

Persoalan menyanyi ini memang karena sejak umur 6 bulan sering kita kasih nonton DVD lagu. Ketika umur 1 dia bahkan bisa request mau DVD apa, misalnya kita tanya mau Gajah apa Becak, dijawab mantap: “becak” atau “balonku” atau apapun yang pada saat itu dia mau.

Begitu pula kita sering stimulus dia dengan lagu lagu itu, sepeti meninggalkan suku kata terakhir buat dia (waktu umur < 1). Contoh: balonku ada li… “ma” rupa rupa warna… ”nya” merah kuning kela … “bu” dst..

Waktu umur beranjak 1 tahun, kita tinggalkan kata terakhir buat dia. Dan dia melahap hampir semua lagu yang pernah dia dengar. Dari becak, balonku, cicak, burung kakak tua, kukuruyuk, sampai twinkle twinkle little star, apples and banana, dan lagu jawa pun (kodok ngorek) dia ikutin. Asalkan dia pernah mendengar beberapa kali, pasti dia bisa ikutin. Luar biasa…

Kalau menari, goyang goyang, lagu yang paling ia suka adalah lagu dari VCD hadiah Pampers, karena ada gambar anak anak sebaya nya pada joget, angkat tangan, berputar dan goyang goyang, Juga ada 1 lagu rohani, yang ada kata kata “Atas bawah goyang goyang” Kelly bahkan bisa menyanyikan sambil menirukan gerakannya J

Berhitung !

Berhitung? Anak umur 1.5 tahun bisa berhitung? Bisa ! bahkan sebelum ia 1.5 ! Ngga percaya? Boleh liat video ini (agak lama sampai ke bagian berhitungnya – ngga bisa dicut L):

Ini berkat kita sering berhitung dengan dia, terutama saat naik tangga (menghitung anak tangga). Juga ada satu lagu yang hitung 1-8 (Sunguh Senang Amat Senang Bangun pagi pagi sungguh senang). Trus ada 1 lagu bahasa Inggris yang hitung one – ten (Numbers are our friends). Jadilah si Kelly jago berhitung 1,2,3 sejak usia sebelum 1.5 tahun J

Terjebak di dalam mobil !

Suatu hari hampir terjadi bencana. Kelly terjebak di dalam mobil, sendirian, dengan kunci mobil ada di tangannya! Ceritanya, gue kan sering taroh Kelly duduk di mobil, sebelah kursi nyetir. Trus gue tutup pintunya, gue lari ke pintu sopir untuk gue duduk di sana. Nah suatu hari, pas lagi megang kunci (ngga mau lepas), dia gue dudukin, trus pas gue tutup pintunya,,, clik… kuncinya dipencet, terkuncilah seluruh mobil, dengan Kelly sendirian di dalamnya.

Panik, kunci serep ngga ada, hampir mau pecahin kaca mobil. Tapi tak ada satupun dari gua, Natz, suster dan pembantu yang memasang muka panik, supaya Kelly ngga ikutan panik. Natz mencoba menjelaskan Kelly untuk pencet kunci mobil tapi yang bagian bawah (membuka kunci). Si Kelly nya malah berkali kali pencet yang atas (mengunci).

Akhirnya, entah datang darimana ide cupacup hehehe. Nat mengambil dua buah cupacup (permen lollipop), lalu menyebutkan atas bawah dengan perlahan, berharap tangannya Kelly ikut bergerak ke bawah. Bukannya berhasil, kuncinya malah dibuang, karena Kelly malah tertarik cupacupnya. Gawat, tapi untunglah ngga ada yang panic. Kelly masih bisa diarahkan menngambil kembali kuncinya. Ia seperti mengerti Mamanya coba menyampaikan sesuatu, dan dari situlah tangannya mulai berpindah, dari tombol besar di atas, ke tombol lebih kecil di bawah, dan “clik”… Itu suara terbukanya kunci mobil terindah yang pernah gue denger… Pintu terbuka dan semua memeluk Kelly sambil berucap: Anak Pintar ! Kelly hanya tersenyum senyum, serasa telah melakukan sesuatu yang hebat tetapi tak tahu apa itu.

So much to tell about Kelly, tentang bagaimana dia merubah kata “Papa ndong” menjadi sesempurna “Papa gendong” hanya dalam 2 minggu. Anak ceria yang hampir tak pernah BT, yang bisa bersenandung ‘na na na’ sendiri sambil bergoyang goyang di kala tak ada yang meladeninya main. Tentang bagaimana dia bisa berlama lama mencoretkan pensil di manapun, buku, sprei, dan tembok. Aktivitas tsb ia sebut sebagai “tulis”… trus dia akan bilang: “mama, pensil mana? Ngga ada?” Lalu dia akan minta digambarkan apapun, bebek, cacing, siput, cicak, apapun (even muka papanya) untuk kemudian dia timpa dengan coretan coretannya yang (mostly) melingkar lingkar.

So much to tell. Mungkin sampai besok ngga akan selesai ditulis. Kita mulai rajin mereka video, untuk momen momen yang kita tau akan segera terlewatkan kalau tidak direkam. Hal2 yang tidak mungkin tuntas diceritakan dengan hanya kata kata. Video dan foto sebanyak mungkin yang dapat kita kumpulkan, mudah2an bertahan sampai lama, sampai Kelly cukup besar untuk melihat dirinya di waktu kecil dan bergumam: “Betapa menggemaskannya diri ku !”

Sayang ngga semua foto dan video (terutama video) bisa kita share disini karena keterbatasan kapasitas penyimpanan di situs yang kita punya.

So, I’m gonna end the story here. SELAMAT 1.5 TAHUN KELLY J

5 komentar:

Natalia mengatakan...

jd inget moment2 dia terperangkap di mobil.....
sebenernya keringet dingin, tapi template muka senyum, untungnya berakhir dgn happy ending ;-)

Veny mengatakan...

iya ga kerasa Kelly udah gede yah
Happy one half old years yah semoga kelly makin cepet tumbuh besar , sehat n pinter .
Juga anak yg soleha .. he22

once_alifetime mengatakan...

Kelly pinter banget, baru umur segitu vocabnya udah banyak! Sering2 posting foto Kelly dong, jadi kaget tahu2 udah sebesar ini!

dr. B mengatakan...

lucu bangettt!!!!

anak umur segitu emank serep vocab nya cepet, apalagi skrg banyak dvd en siaran cable, jadi nya bisa campur2 vocab bahasa inggris pula hehe

Aj_Natz mengatakan...

@ ALL : Thanks ya Friends, jadi terharu pada care banget sama si Kelly :)