27 Februari 2009

AIRPORT LOUNGE

Dengan seringnya gue berlancong, baik bisnis maupun leisure, gue coba merangkum info tentang executive lounge yang pernah gue singgahi.

Last update: 5, 11 and 20 December 2008 (in blue color)

Info terbaru: GE Gold Card sudah tidak bisa digunakan secara gratis. Penggunaan GE Gold di executive lounge akan dikenakan potongan point 1,250 point (kalo ada - kalo gue sih ngga ada point sama sekali :_P)

TERMINAL 1 A JAKARTA (update: Jul 2008)
Simba Lounge
Gue pernah masuk sini sekali, compliment gara gara pesawat Lion Air yang gue tumpangi delay sejam lebih. Kecewa berat sih pas masuk. Makanan kecil yang sangat terbatas, bahkan bangkunya pun ngga nyaman. Kayaknya ini lounge khusus untuk frequent flyer-nya Lion. Ada juga kartu kredit yg bisa dipakai, tapi musti yang kerja sama dengan Lion Air, misalnya BII Lion Platinum. Untuk non Lion frequent flyer musti bayar. Siapa juga yang mau.
Ada satu lagi, Lion Air Lounge, tapi letaknya di bawah, bersebelahan dengan counter chek-in-nya Lion Air. Belum pernah kesana, tapi rasanya term and condition sama dengan Simba Lounge.

JW Lounge
Ini lounge baru, kira kira baru 1 – 2 tahun. Sangat nyaman, ada toilet di dalam dan bisa wifi pula. Makanan kecilnya pun lumayan. Ada juga nasi goreng dan soft drink sepuasnya. Hanya saja, harus sedikit bersabar dengan agent agent kartu kredit yang berkeliaran di sana. Kalau mau lolos, ya, bilang aja, “oh, tadi saya masuk pake itu kok” sambil nunjuk kartu kredit yang ditawarkan hehe.
Kartu yg diterima disini:
Mandiri Prioritas
BCA Prioritas
Telkomsel Priority
Danamon Platinum
ABN Amro Platinum
BRI Platinum
BNI Platinum dan Gold
Bukopin Gold
Niaga Platinum dan Gold
GE Gold
Panin Platinum
Kartu kredit Bank Mandiri dan Bank Mega dulunya bisa, tapi pas terakhir gue ke sana, udah ngga bisa lagi.

Ada satu lagi Lounge, gue lupa namanya, tapi ini ngga penting-lah untuk dibahas. Soalnya masuknya musti bayar, Rp 60,000 per orang, tanpa bisa menggunakan kartu kredit apa-pun sebagai complimentary.

TERMINAL 1 B JAKARTA (Update: Dec 2008)
Eljohn Executive Lounge
Lumayan sesak disini, terkadang harus berbagi meja dengan orang tak dikenal saking penuhnya. Biasanya ada menu bubur kacang ijo. Soal wifi belum tahu soalnya belum pernah coba. Ada bagian khusus untuk smoking. Kartu yang bisa, antara lain GE Gold, Mega Translution dan Bank Mandiri. Tapi untuk update-nya belum tau, soalnya udah lama ngga kesini (terakhir Oktober 2007). Yang pasti GE Gold masih bisa, baru baru ini dikonfirm Papa Mama. Ohya, kalau CS-nya GE card bilang kartu tambahan ngga bisa untuk executive lounge, cuekin aja, nyatanya, bisa kok. Udah dibuktiin Papa Mama (dua duanya kartu tanbahannya gue).

Ini update terbaru, Dec 2008 yang lalu baru sempat singgah ke sini lagi.
Kartu kredit yang bisa dipakai disini:
Bukopin Prioritas
Permata Kencana
BCA Prioritas
ABN Amro Platinum
Bank Niaga Gold dan Platinum
GE Gold (dengan point 1250)
Mega Platinum dan Translution

TERMINAL 2 F JAKARTA
Mandiri Lounge = Sunda Kelapa Lounge
Sangat luas dan plong. Soal makanan sih biasa biasa aja, biasanya ada gado gado dan sop, tapi ngga enak. Ada toilet di dalam, tapi untuk hanya untuk kencing, kalo mau e’e’ harus di luar. Agak mengecewakan sih, tau sendiri toilet umum bandara joroknya kayak apa. Apalagi gue tipe yang sebelum naik pesawat sudah harus ‘bersih’ :_P Satu hal lagi yang mengecewakan, sinyal wifinya sangat sangat lemah. Kecuali pakai IM2 hotspot yang berbayar. Bisa juga beli voucher IM2 seharga Rp 25,000 untuk pemakaian 2 jam kurang 10 menit.
Mandiri Lounge dan Sunda Kelapa Lounge, keduanya sama, hanya saja pintunya berbeda. Pintu terdekat, Mandiri Lounge untuk pemegang Kartu Kredit Mandiri dan Mandiri Prioritas. Pintu yang jauh untuk kartu kredit lainnya, yaitu:
Danamon Platinum
Bumi Putera Gold dan Platinum
BNI Gold dan Platinum
BII Platinum
Indosat Premium Card
BCA Prioritas
Niaga Gold dan Platinum
Bukopin Prioritas dan Gold
BRI Gold dan Platinum
Citibank Ultima dan Platinum, Gold kena potong 2,750 point atau bayar Rpo 50,000 (WHAT?)
Hallo Club
BSM Priority
Permata Kencana
Dulu sih GE dan Bank Mega masih bisa, tapi terakhir udah ngga bisa.

Indosat Lounge
Namanya Indosat Lounge, tapi bukan berarti pengguna Indosat (Matrix, Mentari, IM3) bebas melenggang menikmati fasilitas di dalam. Kecuali lo punya Indosat Pemium Card, atau Indosat VIP yang otomatis elo dapet kalau elo adalah pengguna pasca bayar (i.e. Matrix) dengan pemakaian minimal Rp 600,000 per bulan. Terdiri dari Smoking dan Non Smoking. Makanan yang biasanya tersaji adalah nasi goreng dan mi goreng, keduanya dengan baso. Walaupun ngga terlalu luas, disini disediakan alat pijat kaki, ada 2 yang bisa dipakai cuma cuma. Bisa wifi, tapi terbatas untuk pengguna IM2, atau beli voucher seharga Rp 25,000 yg bisa dipakai untuk akses internet selama 2 jam kurang 10 menit (why not free?? sangat mengecewakan).
Kartu yang diterima disini:
Matrix VIP = Indosat VIP
BCA Prioritas
HSBC Gold dan Platinum
Lippo Gold dan Platinum
Bukopin Prioritas dan Kartu kredit Gold
GE Gold Card
ABN Amro Platinum
Bank Niaga Gold dan Platinum
Mega Platinum dan Translution
Century Elite Priority
Bumiputera Gold

Citibank the Emerald Sky Executive Lounge
Dulu, sebagai pemegang kartu kredit Citibank Gold, gue sering masuk sini. But now, not anymore, sejak gue mem-black list Citibank. Lounge ini cukup nyaman, hanya sayangnya sangat minim kerjasama dengan bank dan penerbit kartu kredit.
Kartu yang diterima disini:
BCA Prioritas
Standard Chartered Priority Banking (bukan credit card, tapi semacam nasabah prioritas)
Century Elite Priority (nasabah prioritas)
Permata Kencana (nasabah prioritas)
Bank Jabar Banten Mitra Prioritas (nasabah prioritas)
Boarding Pass Merpati khusus tujuan Papua

TERMINAL INTERNATIONAL 2 D/E JAKARTA (Update: Mar 2008)

Mutiara Lounge
Tidy, mewah dan berkesan elegen, penataan ruangan pun lega dengan lampu temaram. Yang gue inget makanan kecilnya yang enak enak, ada tape dan otak otak, yummy… Terakhir masuk sini bisa pake Mandiri Gold/Titanium dan Mega Translution. Nanti gue update lagi apa yang bisa.Ini nih updatenya, kartu yang diterima disini:
Danamon Platinum
ABN AMRO Platinum
Standard Chartered Platinum (Gold kena Rp 25,000)
Mandiri Platinum, Titanium, Gold
BRI Gold dan Platinum
Niaga Gold dan Platinum
BNI Gold dan Platinum
HSBC Gold dan Platinum
BSM Priority
Mega First, Mega Translution
Indosat Premium Card
Bank Bukopin Gold dan Platinum
Lippobank Gold dan Platinum
Bank Bumiputera Gold dan Platinum

Batavia Lounge
Ini lounge paling kecil dari semua lounge yang ada di terminal international, bahkan dari semua lounge yang pernah gue temui. Kecil banget, letaknya aja di dalamnya took souvenir yang jualan barang barang khas Indonesia kayak ukiran dan wayang. Makanan juga terbatas hanya cemilan dan kue kue aja. Terakhir sih gue bisa masuk dengan GE Gold Card, Mandiri Gold/Titanium dan Mega Translution. Belum update terakhir. Mudah2an bisa gue update pas nanti mau ke China bulan April 2008.(Sorry ngga gue update, abis males liat ke sana – terminal D, sedangkan gue naik Shenzhen Air di terminal E)

Emerald Sky
Ini lounge khusus passenger business atau executive berbagai penerbangan, termasuk yang kecil kecil kayak Shenzhen Air dan China Southern. Juga untuk BCA Prioritas.

SURABAYA (update May 2008)
Blue Sky Lounge
Milik PT Angkasa Pura I Surabaya. Letaknya dekat Gate 8 (gate-nya Garuda). Tempatnya remang-remang, ngga terlalu besar. Makanan pun sedikit dibanding tetangganya Singosari Lounge. Bisa wifi (pake sinyalnya bandara Juanda), tapi ngga tau kenapa disini susah banget connectnya. Gue, walaupun naik Garuda, lebih suka ke Singpsari Lounge, walaupun lebih jauh (Gate 3-4), disana lebih lega, makanan lebih beragam dan wifi lebih kenceng.
Kartu yang diterima disini:
ANZ Platinum dan Black (1 person)
BNI Gold (1), Platinum (2), Emerald (2)
BRI Master Gold (1), Master Platinum (2), Britama Platinum (1)
Bukopin Prioritas (2), Visa Gold (1), Platinum (1)
Bumiputera Gold (1) dan Platinum (2)
Danamon Priviledge (1)
GE Gold, Manulife Gold, ACC Card (1 person)
Mega Platinum, Mega Trave and Entertain, Mega First (1 person)
BCA Prioritas (1)
Citibank Platinum (2) Gold (1, tapi potong 2,750 point / bayar Rp 60,000 = WHAT??)
Telkomsel Platinum Priority (1)
Indosat VIP (1)
ABN Amro Platinum / i-Travel (1)
LIPPO Platinum (2), VIP V Electron (2), Gold (1)
Mandiri Prioritas (2), Platinum (2), Gold (1), Titanium (1)
Niaga Arjuna (2), Platinum (1), Gold (1)
HSBC Platinum, Premier, Gold (1)
Permata Kencana, Platinum (2)
Standard Chartered Priority, Platinum, Gold (1)
BII Platinum (1) Infinite (2)

Singosari Lounge
Dibanding Blue Sky Lounge, yang ini enak banget, luas, lega, terang, makanan pun beragam. Yang gue suka dia banyak kue kue jajanan pasar dan ditata dengan sangat menarik.Wifi disini pun kenceng. Nebeng wifi-nya bandara Juanda. Pas connect memang dimintain username dan password, tapi untuk trial dikasih kok, kalo ngga salah username dan passwordnya: juanda. Kenceng banget disini. Pokoke disini lounge favorite gue deh.
Kartu yang bisa dipakai:
Lippo Bank Gold dan Platinum
Telkomsel Priority
Mandiri Prioritas, Platinum, Gold dan Titanium
BII Platinum
Citibank Platinum
Niaga Platinum dan Gold
HSBC Platinum
BCA Prioritas
Permata Kencana
BNI Platinum dan Gold
ABN-Amro Platinum
Danamon Platinum


ELJOHN PALEMBANG (update Feb 2008)
Bandara Palembang sangat sangat bagus. Sejak jadi Bandara Internasional, sana sini dibenahi sehingga sangat nyaman dan enak dipandang mata. Sayangnya, airport lounge baru ada 1 yaitu Eljohn executive lounge. Eljohn memang merajai pariwisata daerah, terutama daerah Sumatera. Walaupun kecil namun ngga sesak alias sepi sekali. Makanan memang ngga banyak, tapi suasana cukup nyaman. Bisa wifi, kenceng lagi.
Kartu yang bisa dipakai, antara lain GE Gold dan Mandiri Gold/Titanium.

ELJOHN PANGKAL PINANG (update: Dec 2008)
Bandar Udara satu satunya di Bangka. Suasana sangat nyaman karena amat sepi pengunjung. Sayang makanannya sangat terbatas dan kadang ngga fresh. Ada Wifi corner dengan 2 komputer yang bisa dipakai, namun sore itu wifinya lagi down (masih kampung, udah untung ada lounge). Kartu yang bisa dipakai, antara lain GE Gold (potong 1250 point), Mandiri Gold/Titanium dan Mega Translution/Platinum.

MEDAN (update August 2008)
Udah ngga bisa lounge sejak terminal keberangkatan terbakar Desember 2007 lalu. Terminal keberangkatan masih darurat.

LAMPUNG (update July 2008)



Bandara ini ngga punya executive lounge, lebih kampung dari Bangka. Dulu seinget gue ada (tahun 2006). Tapi terakhir gue pergi (Jul 2007) udah ngga ada lagi.

Update: July 2008, baru singgah ke Lampung. Sudah ada executive lounge, namanya Sanjaya lounge. Sementara belum bekerja sama dengan penerbit kartu kredit. “Sementara kita masih cash” kata si mba penjaga. Rp 35,000 sekali masuk. Ada bubur kacang ijo, mie goreng, kue, roti dan snack. Teh dan kopi dan minuman soda juga ada. Bisa wifi tapi masih dengan voucher Rp 50,000. Lupa nanya bisa untuk berapa jam.

PADANG (update July 2008)
Ada 2 Airport lounge di Bandara Internasional Minangkabau ini.

BumiMinang Executive Lounge
Punya Hotel BumiMinang Group (Hotel Ambacang), jadi kalo kebetulan nginap di Hotel Ambacang, ya, bisa menikmati fasilitas ini dengan free. Selain itu, bisa dengan membayar tunai Rp 50,000 per satu orang. Kartu Kredit yang bekerjasama sangat sedikit:
Bank Syariah Mandiri
Bank Bukopin

Anugrah Executive Lounge
Yang ini lebih lengkap dari yang atas. Kerjasama dengan Kartu kredit pun lebih banyak. Akibatnya, lebih ramai yang masuk sini, dan alhasil, makanan-nya pun rebutan dan cepat habis.
Kartu yang diterima:
Mandiri Prioritas
Mandiri Syariah Prioritas
BCA Prioritas
BNI Gold dan Platinum
BRI Gold dan Platinum
Lippo Gold dan Platinum
Danamon Gold dan Platinum
Mandiri Gold dan Titanium




JAMBI (Update December 2008)

Bandara Sultan Taha, ada 2 executive lounge - 2 2 nya ngga punya nama:

Pintu kaca dengan tembok warna Ungu. Kartu yang bisa digunakan disini hanya: BCA Prioritas, Bank Century dan Bank BRI. Yang satunya lagi bertuliskan 'EXECUTIVE LOUNGE ruang tunggu' gede banget, pintunya dari kayu. Sistemnya ngga pake kartu, tapi pake bayar 10,000 untuk tempat, makanan dan minuman belum termasuk. Ingin makan/minum harus bayar lagi sesuai pesanan. Dalamnya tidak tampak nyaman, hanya meja dengan sofa sofa besar yang tampak sudah tua.







PEKANBARU (Update Dec 2008)
Serindit Lounge
Tidak tau suasana di dalam karena tidak bisa masuk, semua kartu gue ngga lewat :_( karena bukan salah satu dari dibawah ini:
- CIMB Niaga
- Bukopin
- BRI
- BCA prioritas
- Manulife
- HSBC Premier / Platinum
- Halo Club
- XL Premium
- Century
- Alumni ITS



SEMARANG (update 5 Feb 2009)
Ada 2 executive lounge disini:
Arjuna Lounge
Gue hampir masuk :_) Soalnya punya Mega dan Stanchart, tapi Stanchart-nya ngga bawa, dan ngga tega, soalnya ada temen yang ngga masuk.
Kartu yang diterima disini:
ANZ Platinum
BNI Platinum
BRI Platinum
Lippo Bank Platinum
Mandiri Prioritas
Bukopin Gold
CIMB Niaga Platinum
Matrix VIP
Standard Chartered Platinum
Mega Translution dan Platinum
HSBC Platinum

Srikandi Lounge
Ini agak misterius, sebab kayaknya cuma kartu Mandiri yang bisa masuk (segala jenis kartu?). Ngga jelas, soalnya ngga ada yang jaga juga.

BANDARA HASANUDDIN MAKASSAR (Feb 2009)

Blue Sky Lounge
Lounge ini masih baru banget, termasuk bandara Hasanuddin-nya juga masih baru. Makanannya yahud, ada prasmanan dan kue dan roti. Tempat duduknya juga lumayan banyak. Ada internet corner, 3 tempat duduk. Belum gue jajal kenceng apa lelet karena keburu dipanggil masuk pesawat. Waktu itu gue sendirian di dalam Lounge itu :_)
Kartu kredit yang diterima a.l.:Mega translution, BII Platinum, BRI Platinum, Lippo Platinum dan Bukopin Gold dan Platinum



BANDARA SEPINGGAN BALIKPAPAN

Blue Sky Lounge
Di Sepinggan namanya juga = di Makassar, kepunyaannya Blue Sky group. Sudah agak tua, di dalamnya agak gelap, makanan juga ngga terlalu banyak.
Kartu kredit yang diterima a.l. Mega Translution, BII Platinum, Danamon Platinum, BCA Prioritas, Mandiri Prioritas, BSM Prioritas, Bukopin dan BRI.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah tengs banget buat infonya! kalo airport lounge di terminal 1C cengkareng ada gak ya?

Aj & Natz mengatakan...

Seinget gue ngga ada. Tapi udah lama sekali gue ngga 'main' ke Terminal 1C. Sejak gue udah ngga (berani) naik AdamAir, udah ngga pernah ke situ lagi, berarti itu kira kira tahun 2006.

Anonim mengatakan...

Thanks banget. Info yang saya cari2 selama ini eh dapetnya disini. Keren abisss... :)

Aj & Natz mengatakan...

Artikel ini akan terus diupdate, setiap kali gue menggunakan fasilitas airport lounge. Thanks atas komentarnya. :_)

Anonim mengatakan...

Thanks buat infonya, luar biasa..
di update terus ya..
Bravo

Anonim mengatakan...

Saya ada tambahan Exc Lounge di Adisucipto Yogya. Dulu saya pakai BRI Gold. Cek in nya bisa langsung dari EL ini tanpa perlu masuk via gate keberangkatan. Untuk naik ke pesawat, akan diantar langsung pakai Serena cockpit model dari EL ke tangga pesawat. Makanan cukup beragam, dari bubur sampai nasi rames. Wifi tersedia. Toilet bersih dan ada tempat massage. Hanya saja tempatnya terlalu sempit.. (update 18 Apr 2009)

Aj_Natz mengatakan...

wah, thanks ya mas Ano atas update-nya...
saya pernah 2 kali ke Jogja tapi ngga pernah lewat Adisucipto :)

Anonim mengatakan...

tambahan aja neh, klo saya biasanya pake Blue SKy Executive Lounge, karena ada dibeberapa kota besar, seperti Balikpapan, Jogja, Surabaya, Banjarmasin dan Makassar, denger-denger mau buka di Soekarno Hatta juga..Untuk check in servicenya memuaskan, kita ga usah ngantri, n klo di Jogja dianter langsung ke tangga pesawat. Untuk makanan enak-enak dan variatif...selain itu klo capek-capek bisa refleksi...silakan dicoba, setiap kota Blue Sky menawarkan ciri khas tersendiri..

Ian mengatakan...

Updates,
pas Dec 2010 naek Batavia Air, di Terminal 1C Bandara Soeta
Sudah ada lounge-nya Eljohn, tapi sayangnya EDCnya belum ada, jd tidak/belum bisa pake kartu kredit apa pun:(

btw tips dari gue, gue selalu retain Kartu Kredit Mandiri. Paling lounge friendly di airport mana pun di Indonesia:D

Anonim mengatakan...

kalo EL Di singapore or malay, ada yang bisa pake cc juga gak ya ?

Web Development Company mengatakan...

This is the Very useful information you are sharing. Thank you..



Wedding Websites Online

Web Application Development India