17 Maret 2009

Kodok Merit


Judul diatas bukan lelucon. Bukan juga menggambarkan musim kawin kodok yang marak ditengah musim hujan di Jakarta. Kodok itu temen gue, dan dia barusan merit (melangsungkan pernikahan - bahasa panjangnya) hari Minggu 15 Mar yg lalu. Sengaja gue kasih gambar kodok naik motor sebagai pembuka. Mengingatkan gue akan masa masa kuliah. Waktu jaman kuliah dulu, Kodok, seperti gambar di atas, setia dengan motor RX King-nya yang warna hijau relaxa, persis warna motor yang di 'tunggangi' pada ilustrasi gambar itu.

Another childhood friend get married


Gue berteman dengan Kodok sejak kuliah. Memang, pada saat itu kita ngga 'child child' amat. Kita udah pada ngerokok, udah mengenal cimeng, some of us malah udah kenal narkoba dan sudah ber-sex bebas ria. Sungguh sangat tidak innocent lagi untuk dibilang 'childhood' friend. Tapi lihat dulu dong. Itu sudah belasan tahun yang lalu. Pada saat umur kita baru 18 or 19 tahun. Kalau dilihat dari konteks sekarang, sebutan 'childhood friend' menjadi amat sangat relevan. Bahkan untuk teman teman SMA gue, kita baku menyebut diri kita sebagai SHBT KCL (kependekan dari Sahabat Ketjil), walaupun SMA juga udah ngga kecil kecil amat toh...

Kembali ke Merit Kodok. Entah ini tradisi orang Bentang apa kebetulan aja. Buset. Undangannya buanyak banget. Ruangannya harusnya cukup untuk 1000 orang (segede Angkasa Pura), mungkin tamu-nya 2x-nya itu. Jadi teringat waktu Kodok wisuda di JHCC, wah waktu itu juga yang datang sekompi, sekampung, maka ngga heran, malam itu penuh sesak begitu. Baru kali ini gue kondangan cuma kebagian makan kerupuk. Akhirnya gue, Oon dan Toge memilih makan di restoran padang seberang tempat kondangannya (Hotel Istana Nelayan, Tangerang). Ini juga pertama kali. Harusnya angpaonya di-korting he he he :_P

Tapi tidak ada yang gue sesali dari itu. Kondangan itu sendiri sudah gue syukuri. Bertemu beberapa temen yang jarang banget ketemu. Erwin, Hesti, Santi, Tedy. Selain dengan Oon, Toge dan Keni yang masih lumayan kontek. Ngga banyak ya, ternyata. Tapi malam itu cukup seru walaupun cuma segelintir manusia (yang kenal).

Erwin, yg malam itu datang dengan putrinya yang cantik baru 2 minggu pindah kerja ke grup-nya Gudang Garam. After 8 years bergelut di dunia auditor, gue menyangka dia bakal disitu selamanya, sampai jadi partner, bahkan senior partner. Gue terbayang melihat tanda tangan dia di laporan audit perusahaan terkemuka, dan membayangkan namanya ada di salah satu papan nama KAP (Kantor Akuntan Publik) terkenal adalah tidak sulit, sejajar dengan Siddharta, Widjaja, Sarwoko, Sanjaya, atau Prasetyo. Ternyata gue salah. Dan orang yang sudah berada dalam posisi Manager di KAP, biasanya sulit lepas, karena tawaran di luar sangat 'tidak menggiurkan' lagi (itulah alasan gue out pada saat posisi SPV). Terbukti temen gue satu ini lebih cinta keluarga, dengan memilih karir yang lebih slowdown. Malam itu ia datang dengan putrinya bukan tanpa alasan. Istrinya (Telly, yang lagi hamil) tidak ikut, dan tentu ngga rela membiarkan suami-nya melajang sendirian di malam itu :_P

Hesti, beda banget sekarang. Rambut curly dan di-highlight cokelat. Make-up juga soft and ok. Beda banget sama waktu kuliah yang nge-jeans dan kaos dan ngga pernah make up. Yang sama adalah bobot tubuhnya :_P dan gaya bicaranya yang 'penguasa' kampung. Ada kelakar menjelang bubaran. "Hes, sampai jumpa di kawinan lu ya" wah muka dia langsung sumringah (padahal masih menjomblo). Erwin nimpalin gini, "waduh, jangan kawinan Hesti deh, gue ngeri kelamaan, kita ngga ketemu ketemu lagi..." langsung dikejar sama Hesti, mau dipiting (kepit di ketek -> kayak gulat WWF), persis masa masa kuliah...

Santi, ternyata udah merit Sept 2008 yg lalu. Memang pesta keluarga aja sih. Suaminya juga dibawa malam itu.

Tedy, juga bawa istri (Velly) dan anak. Anak pertama keliatannya udah 8 - 9 tahun. Anak kedua (dalam kandungan) udah 2 bulan. wah wah. Memang dia ini yang urutan pertama merit diantara kita semua. Ngga heran, dia yang paling "produktif" :_P Tedy pulang duluan sehingga ngga ada di foto.

Oon dan Toge datang berdua. Masih ngga berubah, jombloh dan ngga pinter pinter. Si Oon, waktu Keni merit, dia salah hari. Kali ini dia salah tempat. Padahal si Toge udah berkali kali gue wanti wanti BUKAN Istana Nelayan pinggir tol Serpong. Dengan enteng dia jawab gini: "gue tanya Oon, tau ngga On..? trus dia jawab, Tau...!, ya udah". Bener bener dumb and dumber, yang satu bego, yang satu ngga pernah belajar kalo temen-nya bego (namanya juga Oon). Di akhir acara, Oon malah ngaku, hotel ini punya temennya... "Lha kok lu masih ngga tau juga?" selak si Keni... Makanya On, kalau bego jangan kasih liat orang... :_P (dikutip dari Lussy ngomel sama Elsih).

Keni juga datang sama istri (Yuli) dan datengnya bareng gue (dia ke rumah gue dulu). Untung bawa si Keni, yang bikin peta mabok juga tuh, nunjuk arahnya dari Kalideres lurus lurus doang padahal ada perboden dan aslinya harus belok belok juga. Si Keni ini juga penganten baru, dan Yuli udah hamil 5 minggu. Wah bener banyak kabar gembira ya...

Gue malah belum ceritain Kodok he he. Gue kenal dia sejak kuliah. Benteng asli, item, pendek, dekil. Kalo di kelas kerjanya nyoret nyoret catatan gue. AJ sickman, AJ = anak jelek dan lain lain. Pas gue belajar deket ujian, gue kebingungan sendiri liat catatan gue (aslinya sih emang udah hancur berantakan,,,). Terus dia punya kebiasaan aneh, kalo ke WC pasti ngajak gue, sampai dijuluki 'temen ke WC bareng' (temenannya kalo lagi mau ke WC aja). Dia bisa rela ngga ke WC, nunggu gue dateng, baru deh,,, "bi.. WC yuk" tanpa malu malu. Untung ngga ada yang mensinyalir kita homoan di WC. Ada satu hal yang bikin gue 'bangga' jalan sama Kodok, dia jauh lebih pendek dari gue, sehingga gue tampak lebih tinggi :_P


Lulus Untar, dia kuliah S-2 di Aussy. Nih ada cerita menarik yang melibatkan rencana pembunuhan. Ceritanya Oon dan Yuli dan Toge janjian mau ngurus kuliah ke Aussy bareng dan ngajak Kodok. Kodok kena bujuk rayu, maka segala harta benda termasuk sawah dan tanah pun digadai. E, sampai hari H-nya hanya dia yang berangkat. Alhasil, selama di Aussy pikiran dia cuma mau membunuh Oon, Yuli dan Toge, sambil ngasah golok saban pagi... :_P

Tapi ngga sia sia dia ke Aussy, sampai dapet pacar orang Jepang segala. Yang pas dia kasih liat fotonya... yahhh... ini mah foto si Elsih, ngapain dok jauh jauh kalo kepincut cewek Cirebon hua ha ha. Cewek Jepangnya naksir bukan apa apa... Pasti karena kalau liat Kodok merasa 'dirumah', secara si Kodok kan pendek katek kayak orang Jepang he he.. Tapi si Kodok walaupun kate, jelek, nyebelin dan annoying (suaranya melengking berisik gitu), tetep ngga pernah kesepian cewek. Selalu aja ada yang nempel dan kayaknya putus satu menyambung yang lain. Entah apa resepnya.

Nah, pas balik Aussy sempet kerja di Tangerang. Mungkin sakit hati denger gaji gue lebih gede daripada dia lulusan S-2 Aussy pula, dia akhirnya berangkat ke Singapur mendulang Sing dollar. Padahal sangat wajar, dia kan itungannya fresh graduate (walaupun S2), sedangkan saat itu gue udah 4 tahun membusuk di KAP. Nah disitulah dia ketemu si Veronika (istrinya ini), yang ternyata oh ternyata, sesama Cina Benteng juga. Keni sih yakin bukan cinta, tapi hanya Kodok satu satunya yang mengerti bahasa Benteng yang selalu mulai dengan.."lha kapan..." atau "..di mari.." :_P Jadilah sejoli itu melangsungkan akad nikah di Singapur Dec 2008 kemaren. Yakin luh bukan karena udah mau 3 bulan dok?? Weiii belum gue apa apain tuh... ah.. lagak lu dok, kayak kita temenan baru kemaren...

Well, masih disayangkan sih, masih banyak yang ngga dateng, Lussy Elsih, Yuli (di Aussy), Dion (Balikpapan), Agus Burung (janji mau dateng), Jaing, Umin (dihubingin susah banget), Kebo, Aseng (Singapur), Hendrih Budut, Heni, Jacko, wah masih banyak lagi deh...

Si Veronika musti baca buku ini nih. Apa karena baca buku ini ya??

Tidak ada komentar: