14 Juli 2010

Satu Malam di Jogja ...

Ini trip paling pendek gue selama ini, hanya 1 hari 1 malam… Tapi bukan berarti ngga sempat bergerilya kuliner … kekekekekeeeeee… J

Jumat, Jam 7 pagi gue sudah ada di bandara Soe-tta untuk penerbangan jam 8 menuju Jogja. Sudah lama ngga bepergian via udara, ternyata kartu kredit gue masih ada yang bisa untuk executive lounge walaupun cuma dapetnya di Indosat lounge yang kalah keren sama Sunda Kelapa or Garuda Lounge.

Penerbangan ke Jogja pagi itu penuh. Dan terlihat beberapa pasangan bule maupun keluarga yang bertolak ke Jogja. Senang mengetahui Jogja masih ada turis asing J

Sampai di Jogja tepat jam 9, sudah dijemput seorang teman kantor yang menetap di sana dan langsung menuju hotel Grand Quality yang jaraknya cuma 5 menit dari bandara. Di Hotel, teman teman lain masih sarapan, langsung aja gue ikut nimbrung. Sepiring gudeg habis dilahap sambil berbincang2 santai.

Habis taroh tas di hotel, gue dan teman teman menuju JEC (Jogja Expo Center) mengecek persiapan konser. Mala mini kantor gue mengadakan perhelatan konser yang menghadirkan Andra & the Backbone and Gigi. Ohya, personil 2 band terkemuka ini satu pesawat lho dengan gue.  Dan sudah kita atur juga mereka di Grand Quality nginapnya.

Selesai mengecek, waktunya makan siang. Seorang teman asli Jogja menyarankan untuk ke Soto Kadipiro yang di Wates. Walaupun tepat di JEC ada kedai serupa, namun, katanya yang di Wates itu yang original, yang wuenak’e paling puoooollll, begitu deh kira2 kalau logat Surabaya hehehe

Bener aja. Sampai di lokasi udah ruameee bin penuh tempatnya, sampai kita harus berbagi meja dengan sepasang bapak-ibu tua yang penampilannya Njowo banget. Rumah makannya sederhana, meja dan kursinya pun dari kayu dan tampak sudah lama. Di atas meja tersaji ayam rebus, perkedel, dan kerupuk.

Menu-nya cuma 1, nasi soto. Kalau orang Jakarta makan nasi dan soto terpisah, kalau di Jawa, nasi dan sotonya dijadikan satu mangkok. Disini, beneran cuma nasi dan (kuah) soto ! Isi ayamnya dikit banget. Makanya itulah fungsi ayam rebus dan perkedel di atas meja :P

Tapi ngga usah kuatir. Tanpa tambahan apa-pun sebenarnya itu soto udah dahsyat banget. Kaldu ayamnya mantap terasa. Apalagi sambelnya yang sedap aduhai. Hanya dengan nasi dan kuah kaldunya itu sudah sangat nikmat. Sementara ayam rebus maupun perkedel hanya pengenyang-nya saja.

Kelar makan disitu, sebagian temen temen menuju (TEMBIK), sebuah perkampungan kerajinan tangan anyaman yang unik karena tempatnya asri, dan jualannya murah meriah. Gue sendiri ngga kesana, karena harus balik hotel, ada kerjaan yang harus diselesaikan.

Menuju Hotel, kita mampir sebentar di Merlino, toko buah tangan. Disini yang khas adalah bakpia-nya. Lain dengan bakpia di Jogja pada umumnya, dia bentuknya lebih kecil dan garing di pinggiran rotinya. 2 bungkus masing2 kacang ijo dan kacang hitam dibawa ke hotel untuk menemani kerja J

Jam 5.30 sore, gue turun ke lobi hotel untuk melihat lihat di toko souvenir disitu. Namanya Fashion Villange dan menjual batik Sritex yang cukup terkenal di Jogja. Tadinya gue pikir harganya pasti mahal, karena dijual di hotel. Ternyata oh ternyata… murah buanget !!!

Baju Batik dewasa kisarannya 50 – 65 ribu dengan bahan yang adem dan enak dipakai. Baju anak anak lebih mantep lagi… mulai dari 10 ribu saja. Makanya gue borong baju untuk Kelly lumayan banyak :P

Dia juga produsen seragam army untuk Arab Saudi dan Jerman. Kata mbak penjualnya, yang dijual di situ memang yang asli, sisa ekspor, begitu katanya. Harganya cuma 65 ribu saja satu potong… Edan…

Malam adalah saatnya konser. Suasana konser sangat ramai. Jogja memang antusiasme nya tinggi… Konsernya ruame… Sukses, kita tos di belakang venue J

Hampir jam 11 malam. Dari makan siang Soto Kadipiro sampai jam 11, cuma ganjel bakpia Merlino saja, membuat perut keroncongan berat. Selesai konser, langsung tancap ke Gudeg yang dikenal dengan nama Gudeg Permata di bilangan Sangan. Di plang namanya sih Gudeg Sangan. Entah kenapa temen2 menyebutnya Gudeg Permata.

Pilihannya bisa duduk kursi atau lesehan di depan toko. Kita milih lesahan aja, biar suasana Jogja-nya lebih dapet. Pilihan menunya ada ayam (dada, paha, kepala, sayap dan ceker), tahu tempe, rempelo dan telor bebek. Sayang malam itu tahu tempe-nya habis. Jadi gue pesen nasi gudeg pake ayam dan telor bebek aja. Muantab.

Pas nyicip… wah ternyata sedep, mantep. Gudegnya ngga terlalu manis, pedesnya pas, kuah kari ayamnya wangi dan ayamnya juga lembut. Beda sama Gudeg Bu Juminten yang manis (tahun lalu ke Jogja gue icipin). Kita sampai bungkus buat bawa ke Jakarta J Tahan kok asal sampai hotel di masukkan kulkas. Semua yang dibungkus dia pisah dengan kuahnya sehingga lebih tahan lama.

Ada satu lagi Gudeg yang enak menurut versi teman teman, yaitu di Yu’Jum. Gudegnya lebih kering, tapi itu kalau malam sudah tutup.

Ngobrol ngalor ngidul sampai dini hari, kok rasanya pengen nyicip sesuatu yang lain lagi ya… Maka kelilinglah kita mencari Mie Jawa. Tak kurang dari 4 tempat kita datangi. Mulai dari yang terkenal (Pak Rebo,…. Dll) ternyata semua udah tutup (pas nyampe, pas mereka lagi nyapu nyapu beberes L) Maka pilihan terakhir yang masih buka adalah Pak Mbhendot di depan RS Muhamadyah yang memang sepi..

Di sana ngobrol ngalor ngidul lagi… Mie-nya kurang enak… Tapi di dekat situ ada puyuh goreng. Maka kita pesan 7 ekor. Burung puyuh itu burungnya kecil kecil, digoreng sampai guring sekali. Digado dengan sambel terasi wuenak banget jadi temen begadang. Buat temen minum bir cocok banget. Sayang, dalam radius beberapa meter ngga ada yang jualan bir.

Puyuh goreng itu dagingnya gurih. Ukurannya hanya sebesar anak ayam. Dagingnya empuk, gurih dan nikmat.

Sampai jam 2 lewat baru kembali ke Hotel. Sampai hotel sudah jam 3 pagi. Sedangkan jam 4.30 sudah harus bangun untuk berangkat ke bandara jam 5, mengejar pesawat jam 6.20. Praktis tidurnya hanya 1 jam lebih sedikit.

Selagi ngantuk ngantuk, pas cek-out hotel, ada kejutan. Sebungkus oleh oleh bakpia pathok dititipkan oleh seorang teman di sana untuk dibawa ke Jakarta. Alhamdulilah, jadi bisa bawa oleh oleh gratis hehehe

Di pesawat tiada berdaya selain tidur. Ternyata Andra & the backbone juga berangkat ke Jakarta pagi pagi sekali (satu pesawat lagi). Sampai rumah tiada berdaya juga selain tidur tidur dan tidur... dan berharap: siapa pun yang memainkan sepak bola indah yang memenangkan Piala Dunia kali ini… J