29 Juni 2009

ABUBA STEAK

Jumat sore, kelar acara kantor 'hura hura' ala finance, dilanjutkan dengan makan malam sekitaran kantor Talavera. Walaupun se 'ngesotan' ada CITOS, tapi kita decide ngga makan disitu, tapi yang agak jauhan dikit 'ngesot' nya, alias ngga jauh jauh amat, ABUBA Steak. Awalnya sih ada sedikit penolakan, sebab ada yang bilang akhir akhir ini steak-nya agak alot. Belum lagi harganya yang affordable, artinya: untuk acara yang dibayarin kantor, ngapain pilih yang bisa/mampu dibayar sendiri? :p :ymdevil: =

Image

Entahlah kenapa, akhirnya semua sepakat sepakat aja ke situ. Dan, dalam rangka ngga mau rugi, sebagian besar dari kita pesan yang namanya Steak Wagyu yang harganya seporsi 140K doang <- masih kurang mahal (versinya anak anak = ). Sebagian yang lain pilih Steak Salmon 42K, termasuk gue. Untuk minum pada jor joran, secara minuman murah abissss :p Ini menu dan harganya, komplit:

Image

Ada pilihan Steak Lokal, Steak New Zealand, Steak US dan Steak Wagyu (urutan dari paling murah ke mahal). Tentang Wagyu Beef yang gue kutip dari detik.com.

Apa sih Wagyu Beef itu? Mengapa menjadi mahal dan populer? Kata 'wa' berarti 'Jepang' sedangkan 'gyu' berarti peternakan. Jadi, Wagyu Beef adalah nama daging sapi dari peternakan sapi potong yang ada di Jepang. Ada dua jenis peternakan Black Wagyu yang meliputi Tottori, Tajima, Shimane, dan Okayama dan Red Wagyu (Kochi dan Kumamoto). Karena diternakkan secara khusus, daging sapi produk Wagyu membentuk lemak berpola marmer di seluruh bagian dagingnya. Tentu saja sebaran lemak ini membuat daging sapi ini sangat lembut, empuk dan gurih. Karena itulah USDA mengkategorikan daging sapi ini dalam kelompok prime dengan grade 12 point. Dengan kriteria yang sangat ketat, Wagyu Beef juga sudah dihasilkan dari peternakan di Amerika, Australia dan Kanada. Kelenturan dan kelembutan daging Wagyu Beef ternyata didukung pula dengan hasil riset terakhir Pennsylvania State University yang menyatakan Wagyu Beef sangat membantu menurunkan kadar kolesterol yang disebabkan oleh kandungan lemak tak jenuhnya yang lebih banyak dibandingkan lemak jenuhnya. Tak heran jika reputasi Wagyu Beef makin melambung.


Image
wagyu rib eye, bedanya dengan wagyu sirloin, sirloin lebih berlemak

Konon, di peternakannya, sapi sapi wagyu ini diberi makanan khusus, pijat khusus, sampai treatmen musik klasik segala... mirip mirip treatmen baby gitu ya...? :-?? Dan harganya juga (mustinya) melambung. Di resto lain, steak wagyu normalnya mencapai 400ribu seporsi. Bandingkan dengan ABUBA yang ngga nyampe separohnya. Tapi, menurut temen yang makan steak wagyu di ABUBA malam itu, steak wagyu di ABUBA ngga beda jauh sama steak lokal atau steak lainnya. Berarti harga murah bisa jadi karena ini daging wagyu tapi kualitas ke berapa gitu... entahlah :-??

Gue sih icip Steak Salmon, yang menurut gue aduhai... agak agak berminyak dan pas bumbunya :-bd Tak lupa gue taburi cabe hijau segar tambah maknyoosss :p Semua steak disajikan dengan sayur sayuran + jagung dan kentang goreng. Sayur en jagungnya manis dan matengnya pas. Kentang gorengnya juga mantap.

Image

Gue sih tidak terlalu tau 'masa lalu'nya ABUBA. Katanya dulu, tempat ini hanya tenda dan makannya sambil berasap asap ria, karena bakar bakarnya satu lokasi sama tempat makannya. Seiring perkembangan jaman, dia mulai berbenah dan memisahkan 'dapur' dengan 'ruang makan'. Namun, untuk yang ingin 'bernostalgia' ngga usah kuatir, disediakan tempat khusus, di belakang gedung, dimana pengunjung tetap bisa makan ditemani asap sambil bernostalgia :))

ABUBA ada di:
Cipete Raya 6, Jaksel
Kelapa Gading dan Pluit Raya (Jak-Ut)
Wahid Hasyim, Jakpus
Bandung: Prabudi Muntur No 12 (Dago)
Untuk jelasnya bisa hub no telp: 021-7512337

2 komentar:

ika rahutami mengatakan...

wah...ngiler....keinget jaman dulu..penyuka abuba...hehe

Aj_Natz mengatakan...

tapi katanya ABUBA sekarang ngga se-maknyuss yg jaman dulu originalnya... :(