13 Juni 2008

BEFFET UNIVERSE @ Mercure Grand Mirama ****

I just love Surabaya. It’s all about culinary. Malam ini, aku memang ngga berencana ke mana mana. Ngga ada teman pergi. Juga karena kecapean setelah turun dari pesawat tadi pagi dan langsung bekerja. Jam 6 sore, aku putuskan untuk langsung menuju Hotel. Dari tempat kerja di daerah SIER (Rungkut) ke Hotel Mercure Grand Mirama di bilangan Jalan Darmo tidak butuh 20 menit, cukup dekat. Aku memang memilih menginap disini, karena kata orang orang Hotelnya baru direnov dan juga posisinya yang ngga jauh dari kantor.

Karena cape dan ngga ada teman, aku putuskan untuk makan di salah satu restaurant yang ada di hotel, Restaurant Trimurti namanya. Kebetulan sedang ada paket buffet yang namanya cukup fenomenal, BUFFET UNIVERSE. Wow, seperti apa ya… Setelah selesai melihat lihat sambil dijelaskan si waitress, aku decide untuk mencoba. Rp 99,000 net per person, is it worthy? Well, just go on reading …

Yang paling bikin aku ngiler adalah Grill Bar-nya yang berupa pilihan lamb chop (daging domba muda, bagian rusuk), fillet ikan kakap, fillet ayam dan grilled daging sapi. Can’t wait to taste, aku segera pesan 2 potong lamb chop dengan grilled daging sapi. Untuk siramannya, aku pilih saos jamur. Langsung dipanggang saat dipesan, sudah terbayang yummy-nya…

Sembari menunggu, aku melirik salad sebagai appetizer. Salad Bar-nya tampak menggoda. Lirikan pertamaku adalah ke Salad Switzerland, begitu namanya, isinya, irisan buah buahan seperti nanas, melon dan buah naga dengan dressing yang manis. Salad kedua aku coba Thai beef and mango salad, irisan daging sapi dengan mangga muda kecut, paprika dan lada pedas. Semua dalam satu piring.

Pas setelah gue puas menyantap salad, waitress datang dengan grill pesananku. Dari penampilan saja, air liur seperti tak tertahankan. Daging domba muda yang sangat lembut dengan sedikit lemak diantara tulang mudanya. Perlahan lahan gurih dan renyah menghilang dari mulut. Sungguh sebuah pengalaman bersantap yang luar biasa.

Menu utama kedua, nasi goreng dengan sapi lada hitam, chicken cordon blue, udang goreng tepung, dan sop kambing. Waktu sedang ngambil makanan ini, kebetulan letaknya bersebelahan dengan Grill Bar, aku tak kuasa menahan godaan ketika seorang waiter kembali bertanya, “grill-nya pak”. Waduh, untuk yang ini aku benar benar tak kuasa menolak. Lagipula fillet ayam dan kakap-nya belum aku coba, sehingga terasa ada yang kurang lengkap.

Selesai menyantap nasi goreng, perutpun mulai merasa penuh, walaupun nasi gorengnya hanya seperlima piring. Membuat Kakap dan Ayam Grill dengan siraman saos lada hitam, yang datang setelah itu menjadi kurang begitu menarik. Disinilah berlaku hukum Maslow, hukum kepuasan menurun (the law of diminishing return – pelajaran ekonomi waktu SMA, hayoo siapa yang masih ingat?). Setelah dijejali 3 piring makanan enak, yang ini kepuasannya mulai menurun. Atau, memang tidak begitu enak. Susah sekali membedakan antara tidak enak beneran, dengan tidak enak lagi karena sudah kenyang.

Kenyang sudah. Namun sudah tradisi, menyisakan sedikit ‘tempat’ di lambung untuk makanan penutup. Dessert Bar juga tak kalah menarik. Pilihan buah buahan segar, ice cream dan pudding dengan saos cokelat, guava dan orange. Yang sedap luar biasa saos cokelatnya. Ngga hanya meleleh di mulut, tapi juga membuat yang makan seolah ‘meleleh’ karena keenakan.

Namun, sayang sekali, saking sedikitnya ‘tempat’ di lambung yang disisakan, membuat kue kue penganan kecil di dessert bar terlewatkan. Ada sedikit penyesalan ‘membiarkan’ tiramisu dan kue lainnya tetap disana tanpa dicicipi. Malam itu, hanya ada 5 tamu di 3 meja dan aku yang pertama sebelum mereka.

Buffet Universe, bersama even lainnya seperti Arab Food Bazaar, Mercure Lunch Buffet dan Surabaya Food Festival, merupakan paket culinary dari Mercure Grand Mirama Hotel Surabaya selama bulan May – June 2008. Duo chef mereka, chef Mudji (Indonesian) dan chef Issam (Arabian) adalah andalan mereka dalam menghadirkan pengalaman makan yang berbeda. Dan aku setuju kalau mereka memang fine chefs.

Memanfaatkan kemeriahan Surabaya Shooping Festival, Visit Indonesian Year, Final Piala Champion (May lalu), dan tentu tidak ketinggalan ajang sepakbola paling bergengsi di Eropa, Euro 2008; Mercure menawarkan pengalaman M (M felling) hanya di Mercure Surabaya. Itu slogan dari GM mereka lho.

1 komentar:

philippine lotto mengatakan...

Baw, kasagad-sagad sa iya ubra blog!