11 Mei 2009

Es Mamat

Ngga tau kenapa ini es terkenal banget di Palembang. Mungkin salah satunya karena pernah masuk Wisata Kuliner-nya Pak Bondan si Maknyuusss... :p Terkenal banget, semua orang Palembang tau, padahal tempatnya sangat sederhana, hanya berupa gerobak, berjejer bersama penjual makanan lain, juga dengan gerobak. Mirip tempat jajan SD Inpres 06 Petang di Jakarta :)) Ini yang di Lapangan Hatta, entahlah di tempat lain.

Image

Sebenarnya es nya juga biasa. Ngga beda dengan es es campur yang di pinggir pinggir SD negri. Tapi yang istimewanya (beda dengan es di Jakarta) adalah es kacang merah. Ini memang khas Palembang. So, gue dkk langsung pesen itu. Apalagi gue doyan banget yang namanya es kacang merah.

sorry lupa difoto, saking lahapnya :p tapi ada fotonya Pak Mamat (nama asli: M Toha)

Image

Basically, itu es pake kacang merah rebus gula merah, jadi kacangnya sendiri sudah lembut dan manis. Ditambah irisan nangka, dan dikasih susu kental manis cokelat.

Ohya, sambil menikmati es manis dingin dan nikmat, bisa sambil mesen makanan khas Palembang lainnya kayak Pempek, Model (kombinasi pempek dan tahu, pake kuah), mie celor (kuah santan), martabak telor, dll. Ada kelakar mengenai makanan yang bernama 'model' itu = Kalau di Palembang, model dimakan, kalau di tempat lain, model bisa 'dipake' he he he :p

Lokasi lain es mamat: Pujasera Veteran, Jalan Rajawali, Cinde.
Harga: 6000 rupiah saja

Tidak ada komentar: