02 Juli 2009

ANZ, kartu kredit ngga guna, sombong pula

Pernah dengar pepatah plesetan ini: "Udah bego, sombong lagi"
Barangkali itulah yang dianut oleh penerbit KK ANZ, tetap sombong walaupun ngga guna...!!

Ceritanya, setelah proses aplikasi yang singkat dan tanpa usaha (diteleponin, dibujukin, diisi'in dan diurusin telemarketing sampai beres :p ), datang lah KK ANZ Platinum yang dijanjikan, lengkap dengan kartu tambahan untuk Papa. Wuih... asik... bisa banggain ke Papa, yang mau datang nanti tanggal 6 Juli: "ini loh Pa, bisa masuk executive lounge di bandara gratis tis tis..." :D Memang fasilitas airport lounge-nya lengkap banget. Lihat di multiply AjNatz deh (klik attachment-nya) :-!



Maka, segeralah gue menelepon ke call center ANZ untuk mengaktifkan kartu sekalian tanya info lainnya. Namun, rasa senang gue segera buyar sewaktu berbicara dengan customer service, yang dengan juteknya bilang begini: "ya, terserah bapak mau diaktifkan atau ngga, kalau diaktifkan nanti bapak harus bayar annual fee..." "lho, ada annual fee ya mba, bukannya gratis tahun pertama.." "ngga tuh Pak, ANZ NGGA PERNAH NGASIH GRATIS ANNUAL FEE" duh... ketus dan sombong banget... :( [-(

Ngga guna tetapi sombong
Sangat sedikit sekali benefit yang ditawarkan penerbit KK ini, kecuali free airport lounge, praktis penawaran lain tidak ada yang menarik. Diskon sangat sangat kecil (rata rata 5% - 10%) untuk produk yang sangat sangat mahal, sehingga ngga ngaruh sama sekali. Annual fee pun ngga gratis, bahkan ngga gratis di satu tahun pertama.

ngga tuh Pak, ANZ NGGA PERNAH NGASIH GRATIS ANNUAL FEE X(

Dan gue rasa, bisnis kartu kredit ini hampir tidak ada yang namanya loyal customer. Buat apa jadi loyal customer, kalau lebih untung (jauh lebih untung) tidak jadi loyal customer. Di bisnis yang menjaring pengguna yang sebanyak banyaknya ini, calon pengguna baru sangat dimanjakan, dan pengguna lama (apalagi yang loyal) ditelantarkan, dipikirin pun ngga. So, why be a loyal customer?


Nah, dalam hal inilah gue ngga ngerti kebijakan ANZ untuk tidak memberikan gratis annual fee tahun pertama. Di tengah marak-nya kartu kredit memberi penawaran ini (bahkan ada yang 2 tahun pertama) untuk menjaring sebanyak banyaknya pengguna baru, ANZ malah beda sendiri. Lha, untuk pengguna coba coba kayak gue gini, ya rugi banget bayar 700k u/kartu utama dan 250k u/kartu tambahan :ymsick:

KK ANZ, berbenahlah !



Baca juga: Kartu Kredit... Kartu Kredit...

8 komentar:

Ian mengatakan...

Kartu kredit yang gue black list:

1. HSBC, soalnya bank yang paling strict! Jatuh tempo tanggal 10, kalo elo bayarnya pake BCA, elo kudu bayarnya di tanggal 7 atau 8. Kalo nggak, dianggap telat bayar. Alasannya HSBC baru terima pembayarannya setelah 2 atau 3 hari. Udah gitu call centernya rese' abis!

2. UOB Buana, kartu kredit yang pembayarannya paling susah. Awalnya dijanjiin bisa bayar pake BCA. Ternyatanya tidak bisa! Baru bisa bayar pake BCA, akhir-akhir ini. Inget nggak, kalo gue pernah tanyain elo punya dana di Bank Permata nggak? Itu buat bayar UOB Buana An! Trus begitu udah bisa bayar pake BCA, ikut2an pake aturan kayak HSBC. Gue tutup aja akhirnya!

btw kita bakalan jadi kayak Bu Prita nggak ya nasibnya?:P

Aj_Natz mengatakan...

hahaha... kalo KK yang gue black list tuh Citibank, udah ditutup masih datang tagihan, pake ngancam segala lagi :(
Kalo UOB yang gue sebel, seenaknya merubah jumlah penukaran point reward untuk hadiah, yg tadinya gue bisa tuker 2 voucher carefour 100ribu, jadinya cuma dapet 1 !!!
hehe, KK emang gitu, kadang bikin senang (diskon dll) kadang bikin sebel he he he

Dr. B mengatakan...

hahahahaha gw pake citi, no problem seh ampe skrg, selalu tepat waktu, call center ok

temen gw malah pencinta HSBC berat hahahaha

Aj_Natz mengatakan...

@ Dr. B... gue pecinta berat KK BCA dan Mandiri wekekekekkk.. :P
yah gitu deh, punya KK musti pinter2 di-manage, kalo ngga ya rugi sendiri...

donny mengatakan...

gw kurang gauL dengan KK yang lain,

1. HSBC paling busuk fasilitasnya, Diskon toko2 yang gak penting dan gak populer, dibanding KK BCA or MANDIRI.

2. ANZ kasih bunga 0,99% fLat, maximum 30 juta. tapi gak ada free annual fee dan bayar 550rb. Sama juga Bo'ooooooong. menaikkan fitur dengan mengorbankan fitur lain = equality.. CUIHHHH !!!

Aj_Natz mengatakan...

@ Donny: yup, paling sebel sama KK yang ngasih fasilitas setengah setengah... thanks untuk komen-nya :)

Anonim mengatakan...

jangan salah sangka dulu ah ,,, kalo mau yang gratis 2 ma gag ada d dunia .... mati aja bayar ....
smua bank kan cari untung ,, so jangan mematikan mata pencaharian orang ...
bayangkan kalo kita ada d pihak sebaliknya ..
soo....
tinggaltutup jja kartunya ,, uda selesai .......

Aj_Natz mengatakan...

Bung Ano,
Setiap kali kita menggesek kartu kredit di merchant manapun, Pihak penerbit KK sudah men-charge fee ke merchant tsb, tidak melihat apakah KK kita gratis atau bayar annual fee. Saya rasa itu 'mata pencaharian' yg sangat besar sekali buat si penerbit KK.
Memang ngga ada yang gratis di dunia, tapi let's be wise, bayarlah apa yg perlu dan hemat di mana ngga perlu.
BTW, KKnya memang udah saya tutup kok.