01 Juli 2008

Pregnancy and Ovulation Test Pack (oleh oleh dari China)

Perjalanan terakhir ke China (April 2008 yang lalu), ada oleh oleh yang cukup menarik yang gue bawa dari sana. Yaitu alat tes kehamilan dan alat tes kesuburan. Di awali oleh cerita seorang teman, sesama orang Indonesia, yang suami istri tinggal dan bekerja di China lebih dari setahun, Mario dan Vivi. Dari Vivi inilah kita tau ada test pack untuk kehamilan, bentuknya berupa lembaran kecil dan tipis, cara pakainya dicelupkan di pipis pertama di pagi hari. Mirip, bahkan sama dengan Sensitif, persis.

Oh, kalau gitu, bukan oleh oleh yang menarik dong, kan di Indonesia juga ada. Ntar dulu. Ini beda. Kenapa gue bilang beda? Siap siap untuk kaget ya…. Karena harganya hanya sekitar Rp 2,000 (uang Indonesia) !! Kenapa bisa murah sekali ?? Pasti kualitasnya jelek dan ngga akurat deh, what do you expext? It’s made in China !!

Ha ha ha, itu reaksi yang wajar. Mari gue jelaskan dengan logika kenapa bisa begitu murah. Pernah dengar kebijakan pembatasan penduduk di China, one family one child? Tau ngga kalau aborsi itu legal bahkan dianjurkan di China? Inilah kegunaan alat tes kehamilan ini bagi (sebagian besar) pasangan di China. Bukan untuk pasangan yang mendambakan anak dengan berdebar debar menanti hasil tes kehamilan dan berharap positif. Namun justru berharap negative (bila sudah punya anak satu). Kalau positif, dengan berat hati harus digugurkan, atau siap siap uang yang banyak untuk membayar denda kelebihan anak (nah lho, memang terdengar aneh di kuping kita). Di sana, perangkat apa pun yang mendukung kebijakan dan program pemerintah lokal, pastilah murah.

Pertama kali gue jumpai di Apotik, untuk tes kehamilan, berwarna biru muda. Untuk tes kesuburan berwarna merah muda. Kalau yang merah muda ini (ovulation test), untuk mengetahui masa subur. Logikanya orang Indonesia, kalau hasilnya positif, cepat cepat berhubungan supaya jadi anak. Namun, di China digunakan justru untuk menghindari. Jadi, jika hasilnya positif, bapaknya siap siap manyun, atau ke kamar mandi ‘mencari’ sabun kalau lagi pas pengen :_P

Ovulation test sedikit lebih mahal, sekitar Rp 3,000 an uang kita.

Soal keakuratan? Ngga tau deh dengan ovu test, tapi yang pregnancy test, boleh gue bilang 100% akurat. Di awal kehamilan, 2 kali test pakai test pack China dan 1 kali pakai Sensitif, hasilnya sama. Sama sama Positif. Dari sinilah kita tau bahwa Natz positif hamil. Sempet ragu juga sih, makanya bandingin dengan Sensitif yang kebetulan masih ada stoknya. Hasilnya, sama, positif.

Terakhir, kemaren, pas lagi jalan 5 bulan usia kandungan, kita iseng tes lagi dan lagi lagi hasilnya sama. Akurat.



Cara bacanya pun sama dengan Sensitif. Walaupun bacaannya tulisan China semua, gampang kok ditebak. 2 garis = positif, 1 garis = negatif, ngga ada garis = coba lagi. Sudah dikonfirm ke teman yang paham tulisan Mandarin.

Karena harganya yang super duper murah (bandingkan dengan Sensitif yang harga eceran termurahnya aja Rp 18,000), gue borong banyak sekali (satu dus isi 50 lembar). Demikian pula dengan Ovu test, lebih sedikit sih, soalnya buat iseng aja (2 pack isi 10 lembar). Lumayan buat bagi bagi saudara dan keperluan sendiri. Kalau ada teman yang mau agak banyak, terpaksa kita tarikin biaya, tapi sama kok dengan harga beli :_)

How to use the pregnancy test pack, click the above title or click here.

Tidak ada komentar: